kendaraan bermesin automatis Auto Drive Otomotif

in-line


A.    Latar Belakang
Makalah Sistem Bahan Bakar Diesel In-line membahas tentang sistem bahan bakar diesel in-line beserta cara pemeliharaan/servisnya. Tujuan dari makalah ini agar siswa memiliki subkompetensi yaitu memelihara/servis sistem dan komponen injeksi bahan bakar diesel. Materi makalah yang akan dipelajari meliputi : (1) prinsip kerja sistem injeksi bahan bakar diesel, (2) sistem dan komponen injeksi bahan bakar diesel yang perlu dipelihara/diservis, dan (3) langkah kerja pemeliharaan/servis sistem dan komponen injeksi bahan bakar diesel.
Makalah ini terdiri dari atas 3 kegiatan belajar. Kegiatan belajar 1 membahas tentang: prinsip kerja sistem injeksi bahan bakar diesel in-line. Kegiatan belajar 2 membahas tentang sistem dan komponen injeksi bahan bakar diesel, yaitu meliputi saringan bahan bakar, pompa injeksi, injector/pengabut, automatic timer, dan governor. Kegiatan belajar 3 membahas langkah kerja pemeliharaan/servis sistem dan komponen injeksi bahan bakar diesel in-line.
Setelah mempelajari makalah ini diharapkan dapat memahami prinsip kerja, sistem dan komponen injeksi bahan bakar diesel serta dapat melakukan pemeliharaan/ servis sistem dan komponen injeksi bahan bakar diesel in-line tersebut.


BAB II
PEMBAHASAN

A.    PRINSIP KERJA SISTEM BAHAN BAKAR DIESEL
Pada mesin diesel hanya udara bersih yang dihisap dan dikompresikan. Bahan bakar dan udara dicampur di dalam silinder dengan cara setelah udara dikompresikan, bahan bakar disemprotkan kedalam ruang bakar sehingga terjadi pembakaran. Persyaratan tekanan udara  kompresi 1,5-4 Mpa (15-40 bar) sehingga temperatur udara naik 700-900oc. Bahan bakar
harus dikabutkan halus, oleh pompa injeksi pada tekanan (100-250 bar).
Ada dua cara penyemprotan bahan bakar kedalam ruang bakar yaitu injeksi langsung
dimana injection nozzle menyemprotkan bahan bakar langsung keruang bakar utama (main
 combustion chamber) pada akhir langkah kompresi. Udara tertekan dan menerima pusaran
 cepat akibatnya suhu dan tekanannya naik bahan bakar cepat menguap dan menyala dengan
sendirinya setelah disemprotkan.
Cara menyemprotan yang kedua ialah injeksi tidak langsung dimana bahan bakar
disemprotkan oleh injection nozzle ke kamar depan (precombustion chamber). Udara yang
dikompresikan oleh torak memasuki kamar pusar dan membentuk aliran turbulensi ditempat
 bahan bakar yang diijeksikan. Tetapi sebagian bahan bakar yang belum terbakar akan
mengalir ke ruang bakar utama melalui saluran transfer untuk menyelesaikan pembakaran.
Pada sistem bahan bakar mesin diesel, feed pump menghisap bahan bakar dari tangki bahan
bakar. Bahan bakar disaring oleh fuel filter dan kandungan air yang terdapat pada bahan

Posting Komentar

MKRdezign

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Diberdayakan oleh Blogger.
Javascript DisablePlease Enable Javascript To See All Widget