A. Latar
Belakang
Makalah Sistem
Bahan Bakar Diesel In-line membahas tentang sistem bahan bakar diesel in-line
beserta cara pemeliharaan/servisnya. Tujuan dari makalah ini agar siswa
memiliki subkompetensi yaitu memelihara/servis sistem dan komponen injeksi
bahan bakar diesel. Materi makalah yang akan dipelajari meliputi : (1) prinsip
kerja sistem injeksi bahan bakar diesel, (2) sistem dan komponen injeksi bahan
bakar diesel yang perlu dipelihara/diservis, dan (3) langkah kerja
pemeliharaan/servis sistem dan komponen injeksi bahan bakar diesel.
Makalah ini
terdiri dari atas 3 kegiatan belajar. Kegiatan belajar 1 membahas tentang:
prinsip kerja sistem injeksi bahan bakar diesel in-line. Kegiatan belajar 2
membahas tentang sistem dan komponen injeksi bahan bakar diesel, yaitu meliputi
saringan bahan bakar, pompa injeksi, injector/pengabut, automatic timer, dan
governor. Kegiatan belajar 3 membahas langkah kerja pemeliharaan/servis sistem
dan komponen injeksi bahan bakar diesel in-line.
Setelah
mempelajari makalah ini diharapkan dapat memahami prinsip kerja, sistem dan
komponen injeksi bahan bakar diesel serta dapat melakukan pemeliharaan/ servis
sistem dan komponen injeksi bahan bakar diesel in-line tersebut.
BAB
II
PEMBAHASAN
A. PRINSIP
KERJA SISTEM BAHAN BAKAR DIESEL
Pada mesin diesel
hanya udara bersih yang dihisap dan dikompresikan. Bahan bakar dan udara
dicampur di dalam silinder dengan cara setelah udara dikompresikan, bahan bakar
disemprotkan kedalam ruang bakar sehingga terjadi pembakaran. Persyaratan
tekanan udara kompresi 1,5-4 Mpa (15-40 bar) sehingga temperatur udara
naik 700-900oc. Bahan bakar
harus dikabutkan halus, oleh pompa
injeksi pada tekanan (100-250 bar).
Ada dua cara penyemprotan bahan bakar kedalam
ruang bakar yaitu injeksi langsung
dimana injection nozzle
menyemprotkan bahan bakar langsung keruang bakar utama (main
combustion chamber)
pada akhir langkah kompresi. Udara tertekan dan menerima pusaran
cepat akibatnya suhu dan
tekanannya naik bahan bakar cepat menguap dan menyala dengan
sendirinya setelah disemprotkan.
Cara menyemprotan
yang kedua ialah injeksi tidak langsung dimana bahan bakar
disemprotkan oleh injection
nozzle ke kamar depan (precombustion chamber). Udara yang
dikompresikan oleh torak memasuki
kamar pusar dan membentuk aliran turbulensi ditempat
bahan bakar yang diijeksikan.
Tetapi sebagian bahan bakar yang belum terbakar akan
mengalir ke ruang bakar utama
melalui saluran transfer untuk menyelesaikan pembakaran.
Pada sistem bahan bakar mesin
diesel, feed pump menghisap bahan bakar dari tangki bahan
bakar. Bahan bakar disaring oleh fuel
filter dan kandungan air yang terdapat pada bahan
Posting Komentar